Paket Liburan Bali

Sewa Mobil -Driver -Tour di Bali

Promo Liburan ke Bali

Proposal Tugas Akhir

Berikut ini contoh proposal Skripsi / tugas akhir :
PROPOSAL TUGAS AKHIR
Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP) untuk Seleksi Calon Karyawan Berdasarkan Hasil Tes Kepribadian

A.Latar Belakang Masalah
Sebuah masalah dalam kehidupan dapat diselesaikan dengan berbagai metode yang mungkin saja memberikan pemecahan masalah secara langsung atau memberi beberapa alternatif solusi untuk pemecahan masalah.
Sebuah perusahaan akan berhati-hati dalam menyeleksi calon karyawan yang nantinya akan menjadi karyawan di perusahaan bersangkutan. Kesalahan dalam memilih seorang karyawan tentunya akan membawa pengaruh negatif bagi kinerja perusahaan bersangkutan. Oleh karena itu diperlukan metode yang sistematis dan seleksi yang tepat dalam pemilihan calon karyawan. Selain menilai kemampuan teknis, perusahaan juga perlu melakukan penilaian kepribadian terhadap calon karyawan. Pihak manajemen personalia kadang merasa kesulitan melakukan penilaian tersebut secara langsung. Oleh karena itu biasanya dilakukan tes psikologi kepribadian. Tes psikologi secara umum akan menunjukkan keadaan emosional seseorang, walaupun tidak selalu demikian. Seseorang dengan kemampuan teknis baik namun jika tidak ditunjang dengan kecerdasan emosional yang cukup, mungkin akan mengalami kesulitan dalam lingkungan kerjanya. Tes psikologi akan mengajukan beberapa pertanyaan sederhana namun jawabannya akan cukup mewakilkan kepribadian seseorang. Data tes dan hasil tes psikologi biasanya dihimpun dalam kertas atau dalam aplikasi komputer berupa tabel yang memuat data dan nilai dari masing-masing peserta tes. Penilaian dan pertimbangan dari hasil tes psikologi harus dilakukan secara berhati-hati dan dengan metode yang tepat
Melihat kondisi seperti di atas, maka kiranya diperlukan suatu sistem yang bisa menyimpan data calon karyawan, hasil tes secara terintegrasi dan kemudian melakukan analisa terhadap hasil tes kepribadian tersebut dan memberikan alternatif solusi bagi pihak manajemen dalam pemilihan calon karyawan yang tepat untuk menjadi karyawan perusahaan sesuai dengan posisi yang dibutuhkan perusahaan dilihat dari segi kepribadian.

B.Rumusan Masalah
Melihat latar belakang permasalahan maka masalah yang dirumuskan yaitu bagaimana membuat suatu sistem pendukung keputusan yang dapat membantu dan memberi alternatif solusi bagi pihak manajemen personalia dalam memilih orang yang tepat untuk kemudian dijadikan karyawan perusahaan bersangkutan dengan melihat analisa dari hasil tes kepribadian dilengkapi dengan grafik dan gambar yang diperlukan.

C .Batasan Masalah
Dalam penyusunan tugas akhir ini, untuk mengatasi permasalahan yang ada maka penyusun membatasi permasalahan sebagai berikut :
1.Sistem akan memberikan alternatif solusi bagi pihak manajemen personalia dalam hal seleksi calon karyawan berdasarkan hasil tes kepribadian Keputusan akhir tetap berada di tangan manusia (pihak manajemen).
2.Seleksi dilakukan untuk memilih karyawan dengan rentang umur 22-30 tahun dari sekian banyak calon karyawan yang nantinya diposisikan sebagai staf.
3.Sistem melakukan penyimpanan data calon karyawan dan data hasil tes kepribadian secara terintegrasi.
4.Sistem akan memberikan melakukan analisa terhadap hasil tes kepribadian dan kemudian memberikan gambaran dan solusi bagi pihak manajemen personalia
5.Tes kepribadian yang diberikan diasumsikan mencakup kriteria-kriteria antara lain kejujuran,loyalitas,semangat/motivasi,optimisme/percaya diri dan adaptasi/kerjasama.

D.Metodelogi Penelitian
Metode yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah
1.Metode tinjauan pustaka (studi literatur), yaitu dengan memahami buku yang terkait dengan sistem pendukung keputusan dan metode AHP untuk pemecahan masalah serta buku-buku psikologi yang membahas tentang tes kepribadian dan psikologi kerja.
2.Wawancara yaitu tanya jawab dengan orang yang berkecimpung di bidang psikologi.
3.Pengumpulan data, berupa data hasil tes kepribadian yang pernah dilakukan atau dengan mengadakan sebuah tes kecil terhadap beberapa orang yang berusia 22-30.

E.Tinjauan Pustaka
Pada buku karangan Efraim Turban dan Jay E Aronson yang berjudul Decision Support System and Intelligent System (1995) dijelaskan mengenai konsep dasar sistem pendukung keputusan sebagai alat bantu pengambilan keputusan Dalam buku tersebut juga dijelaskan mengenai struktur dan komponen-komponen yang membangun sistem pendukung keputusan.
Metode AHP sebagai salah satu metode memecah masalah yang kompleks dan dalam situasi tidak terstruktur menjadi suatu bentuk hierarki , dijelaskan dalam buku karangan Dr.Ir.Kadarsah Suryadi dan Ir.M.Ali Ramdhani yang berjudul Sistem Pendukung Keputusan, Suatu Wacana Struktural Idelisasi dan Implementasi Konsep Pengambilan Keputusan (1998). Metode AHP sering digunakan karena sifatnya yang berupa hierarki yang terstruktur, memperhitungkan validitas sampai dengan batas toleransi inkonsistensi berbagai kriteria dan alternatif , dan memperhitungkan daya tahan output analisis sensitivitas pengambilan keputusan.
Pada buku karangan Peter Lauster yang berjudul Tes Kepribadian (1997) dijelaskan mengenai bagaimana pengukuran dan estimasi terhadap kepribadian seseorang yaitu dengan tes kepribadian yang akan menuntut reaksi spontan dan pada akhirnya akan memperlihatkan sikap dominan dari seseorang.
Untuk implementasi sistem/program yang menggunakan Delphi 5 penulis mengacu pada buku yang relevan seperti Pemrograman Borland Delphi oleh Anthony Pranata..

F.Sistematika Penulisan
BAB I : Pendahuluan
Berisi tentang latar belakang masalah, maksud dan tujuan penulisan,
batasan masalah, tinjauan pustaka, dan sistematika penulisan.
BAB II : Dasar Teori
Berisi tentang teori-teori tentang sistem pendukung keputusan (SPK), pengambilan keputusan ,metode AHP, psikologi kerja dan tes kepribadian
BAB III : Rancang Bangun SPK menggunakan AHP
Berisi tentang gambaran umum mengenai sistem , spesifikasi sistem dan pemodelan menggunakan AHP.
BAB IV :Implementasi sistem
Berisi tentang implementasi sistem yang berupa bagian/modul program yang dibangun untuk pemasukan data dan kalkulasi .
BAB V : Hasil Penelitian dan Pembahasan
Berisi tentang hasil penelitian,analisis dan pembahasannya.
BAB VII :Penutup
Berisi tentang kesimpulan dan saran-saran dari penulis.

DAFTAR PUSTAKA

Suryadi, K. dan M.Ali Ramdhani.1998. Sistem Pendukung Keputusan. PT Remaja Rosdakarya,Bandung.
Turban, E. and Jay E.Aronson. 1998. Decision Support System and Intelligent System. Prentice-Hall International, Inc, New Jersey.
Pranata,A.1998.Pemrograman Borland Delphi. Penerbit Andi Yogyakarta,Yogyakarta.
Lauster, P. 1997. Tes Kepribadian. Penerbit Gaya Media Pratama.Jakarta.
Anoraga, P. 1998. Psikologi Kerja. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Mau Liburan ke Bali ? Paket Liburan ke Bali