Paket Liburan Bali

Sewa Mobil -Driver -Tour di Bali

Promo Liburan ke Bali

Tips Memilih Web Hosting yang Tepat


Memilih web hosting rasanya begitu mudah. Kebanyakan pelanggan hanya melihat harga dan fasilitas yang ditawarkan. Padahal di luar itu banyak sekali hal yang seharusnya menjadi pertimbangan utama dalam memilih web hosting.
Hampir semua perusahaan berlomba - lomba menawarkan harga semurah mungkin dengan fasilitas serba tidak terbatas. Bahkan ada juga yang menawarkan fasilitas space tidak terbatas. Hal ini sangat mustahil karena hampir semua infrastruktur yang mendukung web hosting memiliki keterbatasan - keterbatasan yang tidak dapat dihindari.


Beberapa Kriteria Server hosting :

Server Uptime
Kriterianya yang paling penting itu uptime-nya. Banyak yang menjanjikan uptime 99% nyatanya sehari wajib 2 kali down. Uptime itu waktu up dari server dibanding downnya. 99 % berari 99 up 1 down. Biasanya layanan hosting klaim server2nya uptime-nya bisa lebih dari 90%.

Dedicated hosting vs shared hosting


Dedicated hosting selalu lebih baik dari shared hosting. Dedicated itu kita sewa sebuah server untuk sendiri. Shared itu satu server dipake sama-sama dengan pelanggan lain, jadi biaya sewanya lebih murah.
Nah jika kita kebagian salah satu server yang sibuk, tentu saja situs kita jadi lelet dan lansgung marah-marahin customer servicesnya. Apalagi kalau servernya down untuk beberapa jam.
Hal-hal penyebab utama yang menyebabkan server jadi lelet adalah:
-Yang paling utama yang menyebabkan situs kita lambat di share hosting adalah kehabisan resource. Resource (processing time, bandwidth) yang dimakan oleh tetangga kita yang rakus (yang juga hosting di server yang sama), tentunya akan secara langsung memperlambat web kita. Itu sebabnya juga, hosting berbayar tidak pernah mengijinkan content yang illegal serta situs dewasa, karena penggunaan bandwidth yang keterlaluan. Jadi kalau anda kebetulan kebagian hosting yang satu server dengan situs yang sibuk, maka anda akan kena getahnya, situs anda ikut lambat.
-Update pada server web tempat kita hosting (OS, control panel, aplikasi) kadang tidak berlangsung mulus. Kadang-kadang menyebabkan kelambatan server. Biasanya ini baru bisa diperbaiki sampai mereka mendapatkan update berikutnya
-Tetangga hacker yang kurang ajar. Di antara tetangga kita dalam satu server ada hacker yang suka ngusilin tetangganya. Control panel yang jelek (versi lama dsb) akan kebobolan dalam menjaga sekuriti setiap situs didalamnya. Dengan sistem keamanan yang buruk (permission dll), kita dapat dengan mudah mengakses penuh situs-situs tetangga dalam satu server, hanya dengan script sederhana

Untuk mengetahui tetangga kita satu server, gunakan MyIPNeigbors.com. Cek siapa saja yang ada bersama kita dalam satu server.
Jika target situs anda bukan lokal (Indonesia) dan terletak di luar IIX, maka gunakan Internet Supervision untuk mengetahui performace situs kita di beberapa belahan dunia.

Jika situs anda bertarget pengguna Indonesia dan tempat hosting kita ada di IIX, maka jangan khawatir karena jaringan IIX saat ini masih cukup baik.

CS,layanan after sale & Pengalaman orang lain
Yang penting juga itu cs dan layanan after sale.Kalau bisa, cari juga orang yang sudah menggunakan layanan hosting yg dituju kemudian ditanya kualitasnya.Ukurlah tingkat profesionalitas Customer Supportnya. Ujilah mereka dengan segala kesulitan yang anda hadapi ataupun resiko yang mungkin perlu anda tanyakan. Jangan mudah percya pada mereka yang mengatakan "Dukungan pelayanan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu(menurut saya..."Yang penting prakteknya bung!"). Ini adalah salah satu faktor terpenting ketika Anda memilih perusahaan Web Hosting. yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda. Siapa pun Anda, Anda akan selalu memberikan pertanyaan, komentar, bahkan mendapatkan problem.
Pastikan Perusahaan Hosting yang Anda Pilih benar - benar sebuah Perusahaan yang Profesional.
Kita tidak pernah tahu orang-orang dibalik perusahaan hosting, bisa jadi ia hanya seorang mahasiswa atau pelajar atau bisnis keluarga, dan semoga bukan orang-orang seperti itu yang ada di perusahaan hosting tempat anda 'berteduh'. Tanpa mengecilkan orang-orang tersebut, pada satu variable "bonafiditas perusahaan hosting" menjadi pertimbangan yang menentukan masa depan domain anda. Usahakan untuk mendapatkan hosting dari perusahaan yang sudah berbentuk PT(Perseroan Terbatas) atau minimal berbentuk badan usaha. Perlu dilihat juga sejarah domain tersebut berdiri. Bila ia sudah lama berdiri, maka akan semakin baguslah rnagking perusahaan tersebut. Untuk semua itu, anda dapat melihat fitur "who is" pada website perusahaan hosting tersebut.


Harga vs. Kualitas

Merupakan marketing gimmick yang cukup menyesatkan jika ada yang menyebutkan bahwa harga tidak berbanding dengan kualitas. Biaya adalah sebuah konsekuensi logis untuk menghadirkan sebuah layanan yang benar - benar dapat diandalkan.
Sering kali pemain bisnis hosting yang baru terjun di bisnis ini hanya memperhitungkan resource space dan traffic limit. Padahal di luar itu banyak sekali batasan - batasan lain sebuah server di antaranya adalah CPU load dan Memmory. Oleh karena itu jika harga yang di tawarkan sangat murah maka konsekuensinya adalah pengurangan - pengurangan fasilitas hosting yang berpotensi besar menimbulkan beban berlebih pada server. Jika ada yang menawarkan harga sangat murah namun tetap menawarkan fasilitas - fasilitas yang fantastis, maka hal ini seharusnya menjadi tanda tanya besar.

Unlimited vs Limited

Aplikasi yang biasanya dapat membuat CPU load menjadi tinggi di antaranya adalah web itu sendiri, database, mailing list, dan FTP. Untuk itu biasanya perusahaan web hosting membatasi jumlah mailing list, FTP account, dan database untuk menjaga reliabilitas layanan. Selain itu traffic per bulan juga dibatasi dengan asumsi jika traffic tinggi, maka beban server juga tinggi.Oleh karena itu review kembali pilihan Anda jika pilihan tersebut jatuh pada perusahaan web hosting yang menawarkan fasilitas serba unlimited.


Kepemilikan dan Pengaturan Domain

Domain sudah selayaknya menjadi milik pelanggan dan pelanggan berhak melakukan pengaturan terhadapnya. Oleh karena itu pelanggan harus diberikan akses ke control panel domain yang berfungsi untuk mengatur domain secara administratif (whois info / kepemilikan) dan teknis (pengaturan nameserver).Apabila kepada pelanggan tidak diberikan control panel pengaturan domain, maka jika suatu saat pelanggan ingin memindahkan hosting, melakukan pengaturan nameserver, dan perpindahan kepemilikan domain atau transfer ke registrar domain lain akan menemui kesulitan karena bergantung pada perusahaan hosting tempat pelanggan membeli domain tersebut.

Fitur untuk pindah/keluar dari hosting

Fitur ini sebenarnya bukan penentu. namun demikian dengan adanya fitur tersebut, sebenarnya menunjukkan bila mereka bertanggung jawab terhadap kualitas pelayanan yang mereka berikan. Artinya, bila anda tidak puas, anda bisa keluar dan berganti hosting secara mudah.
(Disarikan dari Berbagai sumber)

Mau Liburan ke Bali ? Paket Liburan ke Bali