Paket Liburan Bali

Sewa Mobil -Driver -Tour di Bali

Promo Liburan ke Bali

Di-PHK C151 gara gara Krisis Global

Saya merasa kasihan dan gregetan mendengar kisah temen kampus yang dipecat oleh perusahaan C151 di bali dengan sewenang wenang, katanya gara gara krisis global ..
Berikut petikan kisahnya, seperti yang ditulis di blognya (dewipinatih.com/blog/personal/hari-yang-aneh.html)

Hari yang aneh…
dewiq wrote on November 29, 2008 in chit - chat

Kemaren itu hari yang bener - bener aneh. Jadi kemaren aku ke C151 buat nyelesaiin masalah pemberhentianku. Jadi ceritanya PT.Hanno Bali ( induk C151 ) itu lagi ada masalah financial, beberapa orang diberhentikan demi penghematan. Denger - denger agendanya satu persatu karyawan akan di-release karena masalah financial. Nah daku kena apes, Senin ma Selasa kemaren kan ngebolos kerja gara - gara ke Jogja. Ga murni blos sih secara aku dah minta ijin ma atasan langsung secara lisan. Jadilah hari Rabu mereka dapet kesempatan buat me-release ku tanpa kompensasi, dengan alasan aku ga kerja tanpa pemberitahuan tertulis. But, they deal with a wrong person Dewiq ga akan terima begitu aja alasan sekonyol itu. Di Peraturan Perusahaan jelas tertulis kalo 5 hari berturut - turut bolos baru bisa di-release. Aku tetep ngotot ma hak - hak ku dong. Jadilah si HR Manager janji kasi kepastian hari Jumat kemaren.

Nah, hari Jumat kemaren datanglah aku ke kantor itu. Pertama ketemu ma HR Manager, namanya I.B Kirana, dia bilang ternyata aku tetep ga dapet kompensasi, trus katanya kalo mau nego aku bisa langsung ngomong ma General Manager, namanya Russell Blagg, tapi berhubung si GM belum dateng jadilah kita ( aku dan 2 orang arsitek yg juga di-release ) ngobrol di ruangan si HR Manager. Aku iseng ngomong gini

” Pak, harusnya kalo perusahaan lagi punya masalah keuangan kaya gini, bapak ngomong aja baik - baik ma saya minta saya untuk mengundurkan diri. Kan enak, saya pasti akan mengundurkan diri dan ga akan ada masalah kaya gini, masalah kompensasi begini. Ga usah pake alasan yang mengada - ada kaya gini kan pak. Masa ga masuk 2 hari sanksinya di release”

Dan, tau dia jawab apa ????, dia sambil manggut - manggut bilang

” Iya yah, berarti saya udah salah strategi yah…. harusnya saya ga usah pake alasan mengada - ada yah “

OMG, what a stupid Manager… seorang HR Manager yang katanya udah berpengalaman, bisa - bisanya mengeluarkan pernyataan yang super duper guoblok begitu. Aku dengan sangat dongkolnya langsung nyaut

” Iya bener, bapak salah strategi… and now, you deal with a wrong person

Dasar HR Manager gila, kok yo buka aib sendiri di depan orang yang diajak berselisih.

Setelah nunggu beberapa lama, akhirnya si GM, Russell Blagg, dateng. Aku pun ngomong dong ma dia. Dan kata dia keputusan untuk me-releaseku itu diadvise ma si I.B Kirana itu. What…. padahal jelas - jelas yang nulis Peraturan Perusahaan ya si I.B Kirana itu, kok bisa - bisanya meng-advise suatu keputusan yang jelas - jelas berbeda dengan yang tercantum di Peraturan Perusahaan. Aneh kan… akhirnya dengan teramat sangat dongkol sekali, aku balik lagi ke ruangan I.B Kirana itu, dan bilang semua yang dibilang sama Russell Blagg. Guess what, dia nyangkal dong… katanya bukan seperti itu advise yang dia kasi… males banget ga sih di ping-pong kaya gitu.

Whatever, keputusan dah dibuat dan mereka harus menyelesaikan semua kewajiban mereka dong. Dan dengan berplintat - plintut ga jelas, mereka ngotot ga mau bayar kompensasi ku. Ampe disini, semua bukan hanya masalah uang aja, masalah harga diri cui. Kalo mereka ga mampu bayar kewajiban mereka, at least mereka minta maap dah buat alasan yang ga masuk akal begitu. Tapi ga, mereka malah ngotot… ya sudah aku bilang aja aku akan minta mediasi dari Dinas Tenaga Kerja. Padahal lagi ni, 2 bulan sebelumnya gajiku ga dibayar penuh gara - gara si I.B Kirana itu lalai kasi tau nilai kontrak baruku ke orang yang ngurus payroll, baru dibayar kemaren… itupun tanpa permintaan maap atas kelalaian mereka.

Saking keselnya, waktu keluar ruangan si HR manager aneh itu, aku dorong pintu kaca dengan teramat keras sekali, jadi terkesan mukul pintu gitu . Pada kaget semua jadinya… Maap yah teman - teman bikin kalian kaget . Bener - bener cari masalah mereka. Udah ngelanggar kontrak selama 2 bulan pake acara me-release orang tanpa alasan jelas.

Kayanya manajemen PT. Hanno Bali itu perlu dikasi pelajaran deh. Biar ga memperlakukan karyawan seenaknya. Terutama I.B Kirana yang katanya punya law background itu tapi malah buta ma Peraturan Perusahaan sendiri.

Well, see u in court sir… soon

Mau Liburan ke Bali ? Paket Liburan ke Bali