Paket Liburan Bali

Sewa Mobil -Driver -Tour di Bali

Promo Liburan ke Bali

Hasil dan ulasan liga Champion 2008/2009 Matchday 4 5/11/2008


























Liga Champions Grup A

Roma-Chelsea 3-1 ,CFR Cluj - Bordeaux 1-2
AS Roma menjaga kansnya untuk bertahan di Liga Champions dengan kemenangan 3-1 atas Chelsea. Kemenangan membawa "Giallorossi" menempati posisi dua klasemen di bawah "The Blues", yang dalam pertandingan kontra Roma tak menuntaskan permainan dengan genap 11 pemain.

Hasil matchday 4 itu membuat Roma kini mengoleksi enam angka dan menempati posisi kedua klasemen Grup A, terpaut satu angka dari Chelsea yang masih memuncaki klasemen.

Tiga gol yang dibuat Roma di Stadion Olimpico, Rabu (5/11/2008) dinihari WIB, itu juga menghentikan rekor tak kebobolan "Si Biru" di Liga Champions musim ini. Sampai dengan matchday 3, gawang Petr Cech memang belum pernah digetarkan lawan.

Sementara itu partai lain Grup A antara CFR Cluj kontra Bordeaux berakhir dengan kemenangan tim tamu. Bordeaux menang 2-1 lewat gol Yoann Gourcuff di menit 6 dan Wendel di menit 38. Cluj hanya bisa membalas lewat Dani di menit 9.

Bordeaux kini menghuni posisi tiga klasemen dengan raihan setara Roma, enam angka. Sedangkan Cluj jadi tim terbawah dengan 4 angka.

Jalannya Pertandingan

Pada menit 18, Chelsea mencatat peluang. Florent Malouda menerobos pertahanan Roma dan melepaskan umpan tarik kepada Deco. Bola lantas disepaknya dan membentur lawan hanya untuk menghasilkan sepak pojok.

Pada menit 27, Alex mampu menghadang sepakan Francesco Totti dari sayap kiri. Tiga menit kemudian di sisi gawang lain, Doni masih mampu menyelamatkan gawang dari tendangan jarak jauh Frank Lampard.

Roma memimpin atas Chelsea di menit 33. Dari sayap kanan, Cicinho melepaskan umpan silang ke muka gawang dan Christian Panucci yang tak terkawal dengan baik mampu menyambar bola dan bikin skor jadi 1-0

Malouda merangsek ke depan di menit 39 dan lajunya tak terkawal di sisi kiri. Dari jarak sekitar 18 meter, bola disepaknya meski masih jauh dari sasaran.

Tiga menit memasuki babak kedua, Roma menggandakan keunggulan. Dari sodoran bola Matteo Brighi bola mampu dimaksimalkan oleh Mirko Vucinic untuk bikin skor jadi 2-0 untuk Roma.

Vucinic kembali membuat bersorak kubu Roma di menit 58. Mencuri bola dari Jon Obi-Mikel, Vucinic menggiring bola dan mengecoh Obi-Mikel sebelum menceploskan bola melewati hadangan Petr Cech di tiang dekat.

Chelsea akhirnya memperkecil ketinggalan di menit 75. Dari sayap kiri Deco melepaskan tendangan keras yang mengenai John Terry dan kemudian bisa dilesakkannya ke dalam gawang Doni. Roma sempat memprotes karena menilai posisi Terry offside, kendati tidak begitu menurut wasit dan hakim garis.

Sepuluh menit menjelang bubaran, Chelsea kehilangan satu pemain setelah Deco dikartu merah. Dia menuai kartu kuning kedua setelah mengeksekusi tendangan bebas sebelum wasit memberi aba-aba.

Susunan Pemain:

AS Roma: 32-Doni; 3-Cicinho, 5-Philippe Mexes, 4-Juan, 2-Christian Panucci; 20-Simone Perrotta (11-Rodrigo Taddei 72), 16-Daniele De Rossi, 7-David Pizarro, 33-Matteo Brighi; 9-Mirko Vucinic (17-John Arne Riise 88), 10-Francesco Totti (19-Julio Baptista 61)

Chelsea: 1-Petr Cech; 17-Jose Bosingwa (21-Salomon Kalou 63), 26-John Terry, 33-Alex, 18-Wayne Bridge; 20-Deco, 12-John Obi Mikel, 8-Frank Lampard; 10-Joe Cole (35-Juliano Belletti 46), 39-Nicolas Anelka, 15-Florent Malouda (11-Didier Drogba 46)


Grup B
Inter - Anorthosis 3-3, Bremen-Panathinaikos 0-3

Inter Milan selamat dari kekalahan di kandang Anorthosis Famagusta. "Nerazzuri" berhasil memaksakan hasil jadi 3-3 berkat gol Julio Cruz sepuluh menit sebelum bubaran.

Inter memulai laga di Stadion Antonis Papadopoulos, Rabu (11/5/2008) dinihari WIB, tersebut dengan meyakinkan setelah Mario Balotelli membuat gol saat pertandingan baru memasuki menit 13. Tapi perlawanan Anorthosis lantas malah membuat Inter cukup kesulitan bahkan tertinggal.

Di menit 80, Inter baru terhindar dari kekalahan memalukan setelah Julio Cruz yang masuk di menit 58 menggantikan Dejan Stankovic menceploskan bola ke dalam gawang tuan rumah.

Hasil ini tak mengubah posisi Inter di puncak klasemen Grup B dengan 8 angka. Sementara Anorthosis kini menguntit di posisi dua dengan poin 5.

Jalannya Pertandingan

Baru 13 menit pertandingan berjalan, Inter sudah memimpin. Tendangan bebas Zlatan Ibrahimovic hanya bisa dihalau kiper lawan dan Mario Balotelli pun sukses memanfaaatkan bola rebound.

Pada menit 31, Anorthosis membalas. Kekacauan di lini bertahan Inter membuat Cedric Bardon dapat menciptakan gol untuk menyamakan kedudukan kembali imbang.

Di menit 43, Inter kembali unggul setelah tandukan Marco Materazzi menggetarkan gawang Arian Beqaj. Tapi keunggulan itu hanya bertahan dua menit setelah Giorgos Panagi yang baru masuk di menit 43 kembali menyamakan skor.

Empat menit memasuki babak kedua, tuan rumah malah berbalik unggul. Penyerang Nikolaos Frousos mampu mencari celah di jantung pertahanan Inter dan membuat Anorthosis unggul 3-2.

Anorthosis tampaknya cukup puas dengan keunggulan 3-2 dan mulai terlihat lebih banyak bertahan. Sebaliknya, pelatih Inter Jose Mourinho terlihat menyerukan pemainnya untuk naik ke atas menyerang.

Meski main lebih defensif, Anorthosis masih mampu membayakan gawang Inter. Cesar tercatat dua kali harus mengamankan gawangnya di menit 66 dan 68 dari ancaman berbahaya tuan rumah.

Sepuluh menit menjelang bubaran, Inter akhirnya menyamakan kedudukan. Skor menjadi 3-3 setelah tandukan Julio Cruz tak kuasa ditahan Arian Beqaj. Semenit kemudian Ibrahimovic berpeluang besar membuat Inter unggul walau peluang itu masih terbuang.

Susunan Pemain:

Anorthosis Famagusta: 1-Arian Beqaj; 28-Georgios Georgiou, 4-Nicos Katsavakis, 24-Andreas Constantinou, 12-Jeffrey Leiwakabessy; 10-Paulo Costa (21-Georgios Panagi 43), 27-Cedric Bardon, (22-Predrag Ocokoljic 78), 6-Sinisa Dobrasinovic, 20-Vincent Laban, 19-Hawar Taher; 11-Nikolaos Frousos (8-Ioannis Skopelitis 63)

Inter Milan: 12-Julio Cesar; 13-Maicon, 16-Nicolas Burdisso (14-Patrick Vieira 58), 23-Marco Materazzi, 4-Javier Zanetti; 33-Mancini (6-Maxwell 58), 5-Dejan Stankovic (9-Julio Cruz 58), 19-Esteban Cambiasso, 77-Ricardo Quaresma; 45-Mario Balotelli, 8-Zlatan Ibrahimovic

Panathinaikos menghidupkan asa untuk lolos ke fase knock-out Liga Champions berbekal kemenangan 3-0 dari tuan rumah Werder Bremen. Posisi tiga di klasemen Grup B kini ditempati Panathinaikos berkat kemenangan pertamanya tersebut.

Dalam pertandingan di Weserstadion, Rabu (5/11/2008) dinihari WIB, tuan rumah Werder tampil relatif dominan di babak pertama. Namun, paruh pertama pertandingan diakhiri tanpa adanya gol.

Baru di menit 58, Vagelis Mantzios membuat tuan rumah terhenyak dengan golnya usai memanfaatkan lengahnya barisan pertahanan Werder. Giorgias Karagounis lantas membuat Panathinaikos unggul 2-0 lewat tendangan setengah volinya di menit 70.

Tujuh menit sebelum bubaran, Alexandros Tziolis menutup kemenangan Panathinaikos setelah memanfaatkan bola muntahan dari kiper Tim Wiese yang tak sempurna menjinakkan bola.

Tambahan tiga angka membuat Panathinaikos menempati posisi tiga klasemen dengan empat angka, tertingal empat angka dari pimpinan klasemen Inter Milan dan satu angka dari urutan dua Anorthosis Famagusta.

Susunan Pemain:

Werder Bremen: 1-Tim Wiese; 15-Sebastian Proedl (8-Clemens Fritz 46, 18-Boubacar Sanogo 68), 29-Per Mertesacker, 4-Naldo, 3-Petri Pasanen; 7-Jurica Vranjes (14-Aaron Hunt 64), 6-Frank Baumann, 10-Diego, 11-Mesut Ozil; 24-Claudio Pizarro, 9-Markus Rosenberg

Panathinaikos: 1-Mario Galinovic; 29-Mikael Nilsson, 24-Loukas Vintra, 3-Jose Sarriegi, 31-Nikos Spiropoulos; 22-Alexandros Tziolis, 19-Gabriel (2-Bryce Moon 75), 23-Simao, 15-Gilberto Silva, 21-Giorgios Karagounis (8-Giannis Goumas 79); 26-Vangelis Mantzios (14-Dimitris Salpigidis 89)


Liga Champions Grup C
Barca-Basel 1-1,Sporting Lisbon-Shakhtar Donetsk 1-0

Barcelona gagal melanjutkan laju kemenangannya menjadi 13 secara beruntun di semua ajang kompetisi. Menjamu FC Basel di matchday keempat Liga Champions, Carles Puyol cs bermain imbang 1-1.

Menghadapi salah satu tim terlemah di Liga Champions musim ini, Barca sesungguhnya mampu mendominasi pertandingan. Mereka bahkan unggul lebih dulu melalui Lionel Messi sebelum Derdiyok menyamakan kedudukan, kedua gol terjadi di paruh kedua laga.

Kemenangan ini mengantar Barcelona menjadi klub pertama yang memastikan lolos ke fase knock out Liga Champions. Dengan 10 poin dikumpulkan skuad besutan Pep Guardiola kini duduk di puncak klasemen Grup C.

Buat Basel tambahan satu angka ini tak mempengaruhi posisi mereka sebagai penghuni
juru kunci dengan dua poin yang kini dikumpulkan. Posisi dua grup ini sementara menjadi
menjadi milik Sporting Lisbon yang pada laga lain menang Shakhtar Donetsk, hasil yang mengantar wakil Portugal itu juga lolos ke 16 besar.

Jalannya Pertandingan
Sebuah tendangan melengkung Andres Iniesta ke tiang jauh namun masih gagal menemui sasaran membuka peluang Barcelona dalam laga di Camp Nou, Rabu (5/11/2008).

Basel nampak jelas tak mau pulang membawa kekalahan dengan menumpuk pemain di
lini pertahanan, hingga pertengahan babak pertama strategi ini berjalan baik karena Barca
kesulitan menembus barisan pertahanan klub Swiss itu. Di menit 18 tim tamu bahkan mampu menciptakan peluang perdananya lewat Marco Streller, meski dia kemudian dianggap melakukann pelanggaran terhadap Victor Valdes.

Hingga sebelum turun minum Henry setidaknya punya dua peluang membawa Barca unggul, namun dua kesempatan tersebut dimentahkan kiper Franco Costanzo yang tampil meyakinkan dinihari ini.

Peluang terakhir Basel di babak pertama datang tujuh menit sebelum turun minum. Namun Streller lagi-lagi tak mampu menjebol jala Barca saat dia berdiri tak terkawal di tiang dekat untuk menyambut umpan tendangan sudut dengan kepalanya.

Di awal babak kedua Costanzo kembali menjadi pahlawan Basel saat mematahkan aksi Bojan Krkic setelah mendapat umpan dari Henry. Tak kunjung mencetak gol Guardiola memasukkan Lionel Messi di menit 60.

Keputusan ini langsung membuahkan hasil setelah pesepakbola Argentina itu memecah kebuntuan Barca dua menit berselang. Memainkan umpan satu dua dengan Henry, Messi melepaskan tendangan dari tepi kotak penalti yang kali ini tak sanggup dihalau kiper Costanzo. 1-0 Barca unggul.

Menyusul cideranya Iniesta di menit 66, Guardiola memasukkan Samuel Eto'o. Namun striker yang mencetak delapan gol dari lima pertandingan terakhirnya itu gagal memberi yang terbaik.

Setelah sebuah peluang Barca dihentikan tiang gawang pada menit 81, justru jala Victor
Valdes yang jebol semenit berselang. Memanfaatkan umpan Carlitos, tendangan setengah voli Derdiyok menggetarkan gawang tuan rumah sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Susunan Pemain:
Barcelona: 1-Victor Valdes; 5-Carles Puyol, 4-Rafael Marquez, 3-Gerard Pique, 16-Sylvinho; 29-Victor Sanchez (6-Xavi 60), 28-Sergi Busquets, 8-Andres Iniesta (9-Samuel Eto’o 67), 21-Aleksandr Hleb; 11-Bojan Krkic (10-Lionel Messi 60), 14-Thierry Henry.

Basel: 1-Franco Costanzo; 32-Reto Zanni, 28-Beg Ferati, 21-Francois Marque, 20-Behrang Safari; 30-Carlitos, 22-Ivan Ergic, 8-Benjamin Huggel, 14-Valentin Stocker (6-Marcos Gelabert 83), 9-Marko Perovic (23-Eduardo 59); 10-Marco Streller (31-Eren Derdiyok 69).

Sporting Lisbon dipastikan lolos ke babak 16 besar setelah menundukkan Shakhtar Donetsk 1-0. Sementara di Grup D, Marseille meraih kemenangan pertamanya saat menjamu PSV Eindhoven.

Bertanding di depan publiknya sendiri, Stadion Jose Alvalade, Rabu (5/11/2008), Sporting sukses memaksimalkan kesempatan tersebut untuk mengamankan poin maksimal.

Tambahan tiga poin membuat wakil Portugal memiliki poin sembilan dan menempel dengan ketat Barcelona di posisi puncak yang pada laga lain di tahan imbang 1-1 FC Basel. Dua klub pemuncak klasemen itu dipastikan lolos ke babak 16 besar.

Adalah Derlei yang menjadi pahlawan tuan rumah setelah dia menjadi pencetak gol semata wayang Lisbon. Gol di menit 73 itu dia cetak empat menit setelah masuk lapangan untuk menggantikan Helder Postiga.

Liga Champions Grup D
Liverpool - Ateltico 1-1, Marseille-PSV Eindhoven 3-0

Liverpool terhindar dari kekalahan saat menjamu Atletico Madrid. Tertinggal sejak babak pertama, The Reds memastikan dapat satu poin setelah penalti kontroversial Steven Gerrard di injury time menyamakan skor 1-1.

Liverpudlian yang memadati Stadion Anfield, Rabu (5/11/2008), dibuat gelisah sepanjang pertandingan. Tertinggal oleh gol Maxi Rodriguez di menit 36, tuan rumah baru bisa menyamakan kedudukan di menit terakhir pertandingan lewat penalti Steven Gerrard yang dianggap kontroversial.

Hasil imbang ini tak mengubah posisi kedua tim di klasemen sementara Grup D. Dengan poin delapan Liverpool masih duduk di puncak klasemen, sementara Atletico Madrid mengutit di belakangnya dengan poin yang sama namun kalah selisih gol.

Posisi tiga grup ini diisi Marseille yang punya nilai tiga menyusul kemenangan telak atas PSV Eindhoven dengan 3-0. Wakil Belanda itu untuk sementara menjadi juru kunci meski juga punya nilai tiga namun kalah selisih gol.Ketiga gol Marseille datang dari Bakari Kone (30) dan Mamadou Niang (63 dan 71).

Jalannya Pertandingan

Di Anfield, Rabu (5/11/2008), Liverpool nyaris membuka keunggulan saat pertandingan baru berjalan satu menit. Dari umpan sepak pojok Steven Gerrard, tendangan voli Robbie Keane membentur masih membentur bek Atletico. Sementara usaha Daniel Ager meyambar si kulit bundar tepat di depan gawang juga tak membuahkan hasil karena dia terjatuh dihadang pemain lawan.

Tanpa Kun Aguero yang tampak duduk di bangku cadangan pada babak pertama ini, Atletico kurang mampu mengembangkan permainan. Gawang Leo Franco bahkan kembali terancam melalui Keane yang menerima umpan panjang dari Xabi Alonso, kali ini
tendangan first time Keane setelah mengontrol bola dengan dadanya cuma melenceng tipis dari sasaran.

Di menit 18 gantian Atletico yang mengancam lewat sebuah serangan balik. Berdiri di tengah kotak penalti, Simao mampu menyambut dengan sempurna umpan diagonal dari sisi kanan. Namun tak ada gol dari prosesi ini karena bola melambung tinggi di atas mistar.

Keane kembali membuang peluang membawa Liverpool unggul saat berhadapan satu lawan satu dengan kiper Franco di menit 33. Tiga menit setelah itu justru Liverpudlian dibuat bungkam saat Maxi Rodriguez menjebol jala Pepe Reina.

Diawali umpan panjang di sisi kanan yang berhasil dijemput Antonio Lopez, bek Spanyol itu mengirim umpan pada Maxi di kotak penalti Liverpool. Dengan sekali gerakan Maxi mengecoh Jamie Carragher sebelum melepaskan tendangan kaki kanan yang tak kuasa dihalau Reina.

Di awal babak kedua, Liverpool kembali lebih memimpin dalam agresivitas serangan. Tendangan Javier Mascherano yang masih bisa diblok Perea di kotak penalti mengawali gelombang serangan Liverpool di menit awal babak kedua.

Memasuki menit 51 sebuah kesempatan menyamakan kedudukan dimiliki Keane yang tak mampu menjangkau bola di kotak penalti. Dari insiden ini kubu Liverpool mengklaim penalti menyusul bola yang menyentuh tangan Perea.

Setelah sebuah tendangan bebas Fabio Aurelio yang ditanduk Agger masih melayang di atas mistar, gantian Atletico memiliki peluang memperbesar keunggulan. Lewat serangan balik yang cepat, upaya Los Rojoblancos menggandakan keunggulan pupus setelah crossing yang dilepaskan Diego Forlan tak sampai ke tengah kotak penalti karena membentur lengan Mascherano. Wasit tak bereaksi atas handsball di kotak terlarang itu.

Di menit 83 Liverpool punya dua peluang untuk samakan kedudukan, meski keduanya lagi-lagi gagal berujung gol. Sepakan David Ngog dari sudut sempit tepat mengarah ke kiper Franco, sementara tandukan Agger meneruskan umpan tendangan sudut melenceng tipis di tiang jauh.

Memasuki masa injury time, peruntungan Liverpool berubah. Wasit menunjuk titik putih karena menganggap Gerrard dilanggar oleh Pernia di kotak terlarang, keputusan yang
layak diperdebatkan karena sang kapten terlihat terjatuh sendiri saat berusaha menyundul bola dan kemudian jatuh menimpa Pernia.

Sepakan penalti Gerrard ke arah kiri gawang gagak dibaca oleh Franco. Skor akhir pertandingan 1-1.

Susunan Pemain
Liverpool: 25-Pepe Reina; 17-Alvaro Arbeloa, 23-Jamie Carragher, 5-Daniel Agger, 12-Fabio Aurelio; 14-Xabi Alonso, 20-Javier Mascherano (21-Leiva Lucas 77); 18-Dirk Kuyt, 8-Steven Gerrard; 11-Albert Riera (19-Ryan Babel 61); 7-Robbie Keane (24-David N’Gog 71).

Atletico Madrid: 25-Leo Franco; 3-Antonio Lopez, 5-John Heitinga, 21-Luis Perea, 4-Mariano Pernia; 11-Maxi Rodriguez, 12-Paulo Assuncao, 18-Maniche, 20-Simao Sabrosa (9-Luis Garcia 90); 7-Diego Forlan (10-Sergio Aguero 71), 8-Raul Garcia

Mau Liburan ke Bali ? Paket Liburan ke Bali