Paket Liburan Bali

Sewa Mobil -Driver -Tour di Bali

Promo Liburan ke Bali

Mengenal Tools Manajemen Exchange Server 2007

Exchange 2007 dilengkapi oleh 3 buah tools dimana dengan tools ini Exchange Administrator dapat menjalankan seluruh fungsi manajemen Exchange Organization.
Ketiga tools tersebut adalah: Exchange Management Console, Toolbox, dan Exchange Management Shell
Dua tool diatas berbentuk GUI yaitu Management Console dan Toolbox, sementara tool terakhir yaitu Management Shell, sesuai namanya, berbentuk shell atau command prompt.
Hal yang menarik dari Shell ini adalah justru dengan Shell ini kita mampu melakukan lebih banyak tugas manajemen Exchange.
Exchange Management Console dapat diinstall di seluruh Server Role Exchange 2007. Jika diiinstall di salah satu dari Role Hub Transport, Client Access, Mailbox maupun Unified Messaging, Console akan memperlihatkan seluruh Server dan seluruh node. Tetapi jika diinstal di Edge Transport Role, maka console hanya akan memperlihatkan Role ini.
Exchange management console

Exchange Management Console adalah tools berbasis Microsoft Management Console (MMC) 3.0, dimana tools ini memungkinkan Administrator untuk menjalankan fungsi-fungsi manajemen Exchange. Karena berbasis MMC 3.0, Exchange Management Console juga dapat ditambahkan sebagai snap-in ke dalam MMC tools lainnya. Karena berbasis MMC 3.0, maka tampilan Exchange Management Console juga seragam dan sama seperti tools MMC 3.0 lainnya, dimana layar dibagi dalam 3 bagian yaitu (dari kiri ke kanan) Console Tree, Results Pane dan Action Pane s
Console tree yang terletak di bagian kiri terdiri dari 4 node yaitu:
- Organization Configuration
Bagian ini digunakan untuk mengatur Exchange Organization. Jika ada bagian yang diubah di sini maka akan berakibat terhadap seluruh Exchange Organization, sebagai contoh Email Address Policy dan Offline Address Book dapat dikontrol/atur dari node ini
-Server Configuration
Bagian ini digunakan untuk mengatur konfigurasi dari seluruh Exchange Servers dan child object dari server-server tersebut. Child object dari server ini akan tergantung terhadap Server Role yang bersangkutan. Contoh jika kita mengklik Mailbox maka child object yang akan muncul adalah database.
-Recipient Configuration
Bagian ini digunakan untuk mengatur settings untuk mailbox/email recipient diseluruh
Exchange Organization. Mailbox, contacts, distribution groups dan disconnected mailbox diatur dari node ini.

TOOLBOX


















Bagian toolbox berisi tools yang akan sangat membantu dalam manajemen Exchange seperti Exchange Best Practice Analyzer, Database Recovery dan lain-lain.

Jika sebelumnya di versi Exchange 2003 tools tools diatas terpisah-pisah, maka di Exchange 2007 tools tersebut disatukan dalam satu console.
Hal menarik dari Exchange toolbox adalah bahwa anda dapat mengupdate dan menambah koleksi tools anda dengan mengunjungi website Tools dari Action pane. Exchange 2007 sebagai salah satu flagship application server dari Microsoft mendapat dukungan penuh dengan adanya tools-tools terbaru yang akan sangat membantu tugas sang Exchange Administrator.

Exchange management Shell

Exchange Management Shell, selanjutnya disingkat EMS, adalah tools yang baru muncul di Exchange versi 2007. EMS adalah interface command line yang dapat digunakan untuk manajemen Exchange. Keunggulan utama dari EMS adalah dari sisi scripting. Tugas-tugas yang sebelumnya harus dilakukan secara manual dari Exchange Management Console sekarang dapat disimpan dan selanjutnya dijalankan dalam bentuk script.
Tampilan dari EMS sama persis seperti jika menjalankan command prompt (cmd.exe). Dimana akan dibuka sebuah console dengan text interface. Hal yang membedakannya dari cmd.exe adalah symbol Exchange di sudut kiri atas dan adanya penggunaan warna kuning di sebagian textnya.

Mau Liburan ke Bali ? Paket Liburan ke Bali